Tuesday 24 May 2016

Perbedaan Antara Jurusan TJA dengan TKJ


    Jika membahas tentang teknologi informasi tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang TJA atau TKJ. Dua bidang atau jurusan ini sangatlah erat hubungannya dengan perkembangan teknologi informasi terutam di sisi pengguna yang menggunakan komputer. TKJ sendiri mungkin cukup familiar di telinga anda, tpi apakah anda tahu apakah itu TJA atau Teknik Jaringan Akses?.
    Sekilas jika dilihat pada modul-modul pembelajaranya TJA dan TKJ sama, namun jika ditelaah dan didalam lebih lanjut pasti akan terasa perbedaannya. Berikut adalah perbedaannya:
TJA (Teknik Jaringan Akses)
    Jurusan studi ilmu yang mengampu jaringan akses atau jaringan yang menghubungkan antara perangkat di pelanggan (client) dengan perangkat di penyedia layanan (server).
1.    Berorientasi pada pembangunan jaringan telepon, internet, satelit atau radio, yang kemudian akan digunakan oleh perangkat telekomunikasi seperti HP, komputer, pager, dan lain sebagainnya.
2.    Mempelajari dasar-dasar jaringan komputer yang akan dibahas lebih lanjut di jurusan TKJ
3.    Lulusan TJA diharapkan mampu

TKJ (Teknik Komputer Jaringan)
Jurusan atau studi ilmu mengampu komputer dan jaringannya sehingga untuk sesama komputer dapat saling terhubung satu sama lain entah di jaringan LAN, MAN, WAN, atau internet.
1.    Berorientasi pada pembangunan jaringan komputer saja sehingga TKJ bisa disebut sebagai sub jurusan dari TJA
2.    Lebih terfokus pada komputer dan jaringannya sehingga lulusannya lebih menguasai tentang seluk beluk komputer dan jaringannya dari pada lulusan TJA
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Like Us